Senin, 11 Januari 2010

Tiga Asumsi Membaca Terbongkarnya Sel Mewah Ayin Cs

Senin, 11/01/2010 21:27 WIB

Mega Putra Ratya - detikNews Jakarta - Di tengah lemahnya persepsi publik tentang kinerja lembaga penegakan hukum, tiba-tiba publik dikejutkan dengan terbongkarnya sel mewah untuk Artalyta Suryani alias Ayin. Ada tiga asumsi untuk membaca terbongkarnya sel mewah itu.

Pertama, pada tingkat pencitraan politik, lembaga penegak hukum (Satgas) bentukan Presiden SBY hendak dipersepsikan positif di tengah buruknya persepsi publik terhadap lembaga penegak hukum lainnya.

"Jelas ini akan berimplikasi pada citra Istana yang mulai melemah terutama di kalangan menengah ke atas. Opini publik hendak diarahkan bahwa dalam 100 hari, Satgas berhasil membuat terobosan dengan membongkar salah satu praktek busuk di lapas," ujar Pengamat Politik dari Charta Politika Arya Fernandes kepada detikcom , Senin (11/1/2009).

Kedua, lanjut Arya, pada hari yang sama tengah berlangsung pemeriksaan terhadap pemilik Bank Century Robert Tantular, oleh Pansus DPR. Dua pemberitaan ini saling berebut pengaruh.

"Bila pansus tidak berhasil menemukan fakta baru di balik pengucuran dana talangan 6,7 triliun saya khawatir, isu sel mewah ini akan menggeser isu skandal Century," imbuhnya.

Ketiga, menurut Arya, bila hendak fair, satgas harus melakukan sidak pada lapas-lapas lain di seluruh Indonesia.

"Hal itu perlu untuk membongkar praktik busuk tersebut," tutupnya.

(mpr/mad)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar